Pengertian, Permainan dan Tujuan serta Manfaat outbound

Pengertian Outbound

Sumber : http://gankmetro.com/pengertian-permainan-dan-tujuan-serta-manfaat-outbound/

Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.


Sejarah outbound
Outbound merupakan inovatif yang ditemukan oleh cendikiawan berkebangsaan Jerman yang bernama Dr. Kurt Hant. Beliau lahir di Jerman pada tanggal 5 Juni 1886. Ilmu dan ide terapan pendidikan inovatif outbound Kurt Hant bertahan dan berkembang sampai saat ini. Sekarang semua kegiatan outbound di sesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan yang di target.

Macam-macam outbound
Berdasarkan pemainnya outbound:
  1. Outbound Anak/KidsOutbound anak adalah suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur berkisar antara umur 5 tahun keatas sampai umur  15 tahun. Biasanya outbound anak  bertujuan mengembangkan kepencayaan diri , keberanian dan daya kretifitas.
  2. Outbound Dewasa/adult
    Outbound dewasa adalah suatu kegiatan outbound yang di lakukan oleh sesorang berumur lebih dari tujuh belas tahun keatas. Outbound dewasa memiliki beragam permainan yang memacu jantung atau andrenalin seperti  arum jeram, art rope dan lain lain.
Berdasarkan jenis game outbound:
  1. Outbound Soft SkillOutbound soft skill adalah kegiatan outbound yang dilakukan untuk pengembangan personal dan interpersonal, biasanya berupa kemampuan (bakat)atau keterampilan. Permainan outbound soft skill  ini dirancang sedimikian rupa sehingga tidak perlukan fisik yang berlebih untuk melakukanya.
  1. Outbound Hard SkillOutbound hard skill adalah kegiatan outbound yang dilakukan untuk ketrampilan teknis atau penguasaan bidang  sesorang sehingga mudah dilakukan dan diterapkan. Biasanya outbound di fokuskan untuk ketrampilan seseorng sehingga diperlukan kecepatan dan ketepatan.
Bedasarkan permainan outbound populer:
  1. Outbound Training
  2. Arum jeram (rafting)
  3. Paint Ball (war game)
  4. High Rope aktivity seperti Flaying Fox
  5. Fun Outing
  6. Family Gathering
  7. Camping
Tujuan outbound:    
  1. Team building
    Team building adalah bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi  dan  kekompakan tim atau kelompok.
  2. Team work
    Team work adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama
  3. Komunikasi.Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.
  4. Leadhersip
    Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
  5. Konsentrasi
    Kosentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat fikiran seseorang terhadap sesuatu.
  6. Kreatifvitas
    Kretivitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan.
  7. Strategi Planning
    Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan.
  8. Analisis
    Analisis adalah kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu sehingga mudah dipahami dan dipecahakan.
  9. Conviden
    Covidence adalah peningkatan percaya diri terhadap kemampuan yang di milikinya.

  1. Menjalin Silahturohmi
  2. Melepas penat atau kejenuhan rutinitas
  3. Mendapatkan ilmu materi yang diisipkan dalam permainan outbound
  4. Lebih mengenal lingkungan
  5. Membangun percaya diri
  6. Menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen


Manfaat Outbound Training pada anak usia dini.


Seperti yang kita ketahui outbound adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik di dalam (indoor) atau di luar (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) yang dilakukan secara individu maupun berkelompok dengan tujuan mengisi waktu liburan atau refreshing selain itu outbound juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dalam team (team building) dan kebersamaan.
Banyak sekali jasa provider outbound atau eo outbound training yang menawarkan jasa nya selama ini. Tidak hanya untuk karyawan dan mahasiswa, mereka juga menawarkan jasa outbound untuk anak – anak bahkan usia dini sekalipun. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan atauleadership maupun kemandirian anak saat menginjak usia remaja nanti. Namun kegiatan outbound dengan tujuan yang sama dengan outbound training bagi karyawan ini dikembangkan dengan metode atau cara yang berbeda untuk anak anak khususnya, seperti outbound yang di desain ala militer, hal tersebut sangat menarik dan menantang untuk menguji kemampuan dan stamina anak – anak.
Anak-anak mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, sehingga hal yang baru seperti outbound mereka sangat meyukainya. Mereka dapat bermain sesuka hati karena di outbound anak dini banyak sekali game-game outbound yang menyenangkan tetapi mereka bermain game outbound yang mempunyai tujuan yang mendidik.
Manfaat – manfaat outbound sendiri untuk anak antara lain :
  • Untuk mengetahui seberapa kuat kemampuan anak
  • Dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan bermasyarakat
  • Memberikan pelajaran bagaimana memahami pendapat dan perbedaan dari orang lain dan dalam memecahkan masalah secara kelompok
  • Menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan oranglain
  • Melatih kemandirian dan kepemimpinan atau leadership dalam suatu kelompok
  • Melatih kreativitas anak melalui permainan permainan yang ada dalam outbound tarining tersebut
  • Mengembangkan karakter anak sejak usia dini dan membangun kualitas kemampuan anak untuk menjadi lebih baik lagi
  • Melihat kegiatan outbound yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak maka Tidak ada salahnya untuk kita para keluarga mengajak anggota keluarga liburan ketempat yang menyediakan jasa outbound atau paling tidak para orang tua memberi ijin kepada putra putrinya untuk mengikuti kegiatan outbound baik yang diselenggarakan pihak sekolah atau lembaga lain
  • Memberdayakan kemampuan syraraf motorik pada anak
  • Mengembangkan daya imajinasi anak seperti saat game perang/paint ball karena mereka merasakan sensasi perang seperti video game
  • Melatih anak-anak untuk melakukan perencanaan dasar seperti strategi perang
  • Mengajarkan anak-anak mencari jawaban atas masalah (problem solving) yang mereka hadapi saat bermain game-game outbound



Kegiatan Outbound Yang Populer

Pada saat ini banyak sekali provider yang mengembangkan dan berinovasi dalam penyajian permaianan outbound. Dari beberapa jenispermainan outbound berikut ini adalah jenis permainan yang sering ada dalam kegiatan outbound atau game populer di dalam outbound:
  1. Outbound training adalah outbound dengan metode pelatihan praktis untuk keperluan manajemen dan menerepkannya melalui permainan atau game outbound. Outbound training menggunakan tema tertentu dan biasanya melalui pembahasan terlebih dahulu yang dilakukan oleh antara manajemen dan provider outbound. Apabila tema sudah di tentukan maka provider akan memberikan penjelasan gambaran jenis permaianan yang akan digunakan dalam permaianan outbound training.
    Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Tujuan diadakannya Outbound Training
  2. Arum jeram adalah permainan pemacu andrenalin yang dilakukan di sungai- sungai yang jeram (aliran sungai deras) dengan peralatan akomudasi permainan air seperti perahu karet, ban, kano, perahu dayung dan lain lain. Pemilihan arus sungai yang jeram (sungai arus airnya deras/kuat) sangat menentukan besarnya adrenalin dalam permainan arum jeram. Dalam permainan arum jeram juga di bekali alat keselamatan seperti pelampung dada
  3. Paint ball adalah permainan perang-perangan oleh individu atau kelompok yang mengunakan senjata angin berisikan peluru berupa bola berisikan cat warna dan peratan keamanan yang memadai seperti masker, baju pelindung, tutup kepala dan kaca mata pelindung. Permaianan paint ball sangat mengandalakan kecepatan dan ketepatan dalam membidik lawan, tidak hanya strategi team juga sangat menentukan dalam permaianan ini.
  4. High rope adalah kegiatan tali menali di area yang tinggi (pohon ke pohon)seperti jembatan titian dan lain-lain. Permainan High rope aktivity yang paling favorit adalah flying fox. Flying fox sangat dibutuhkan keberanian, apalagi orang yang takut akan ketinggian.
  5. Fun outing adalah acara wisata yang diselenggarakan di luar yang di bumbui dengan permaian-permaianan yang menyenangkan. Outbound ini hanya mengutamakan kesengan dan kenyamanan fasilitas akomodasi yang diberikan.
  6. Family Gathering adalah pertemuan yang diadakan oleh keluarga besar, karyawan (menganggap mereka keluaraga), komunitas untuk menjalin keakraban dan silahturrohmi. Family gathering akan menumbukan rasa kebersaman dan saling memiliki.Baca Juga : Perlunya Perusahaan Melakukan Outbound Training
  7. Camping adalah kegiatan mendirikan bangunan tidak permanent (tenda) untuk berkemah yang di lakukan alam terbuka. Kita akan menemukan pengalaman baru di camping, merasakan tidur dengan beratapkan tenda dan beralaskan tikar.
  8. Snorkling adalah melakukan kegiatan menyelam tidak menggunakan peralatan bantu pernafasan. Snorkling memerlukan pelatih atau trainer khusus yang sudah memiliki sertifikat resmi. Tidak semua provider outbound bisa menyelenggarakan snorkling. Hanya provider yang terbaik (mempunyai segala peralatan outbound termasuk peralatan snorkling) yang bisa menyelenggarakan snorkling. Simak juga bagaimana cara memilih jasa outbound atau provider outbound yang baik?